• gambar
  • gambar
  • gr1
  • gr
  • sm

Selamat Datang di Website SMP NEGERI 5 JEPARA. Terima Kasih Kunjungannya. WEB: http://www.smpnegeri5jepara.sch.id email : info@smpnegeri5jepara.sch.id

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMP NEGERI 5 JEPARA

NPSN : 20103.2006.063

Jl.Kartini No.42 Telp. 0291-591392 Jepara 59411


info@smpnegeri5jepara.sch.id

TLP : (0291) 591392


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 28534
Pengunjung : 11197
Hari ini : 21
Hits hari ini : 50
Member Online : 0
IP : 3.227.235.71
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • AGUS WINARTO, S.Pd. (Guru)
    2018-06-14 20:03:49

    Semoga Amal inbadah Puasa Kita Diterima dan kita mendapat AMPUNAN NYA dan bisa bertemu lagi dengan Romadhon tahun yang akan datang AAMIIN YRA
  • AGUS WINARTO, S.Pd. (Guru)
    2018-06-14 20:01:20

    TAQOBBALALLAHU MINNA WA MINKUM BARAKALLAHU FIKUM Admin web SMPN 5 Jepara mengucapkan selamat Idul Fitri 1439 H Mohon Maaf Lahir dan batin
  • AGUS WINARTO, S.Pd. (Guru)
    2018-04-05 11:38:08

    HAri ini Kamis 5 April 2018 SMP 5 Jepara dapat Droping komputer 1. Server lengkap 1 buah 2. Clein 19 buah 3. UPs 1 buah 4....
  • AGUS WINARTO, S.Pd. (Guru)
    2018-04-05 11:35:06

    $ Lokal Bartu klas sudah selesai 100% dan telah di tempati oleh siswa, selamat melaksanakan OBM kawan kawan di ruang Baru
  • AGUS WINARTO, S.Pd. (Guru)
    2018-04-05 11:32:55

    Alhamdulillah acara sungkeman siswa dengan Orang Tua berjalan sukses, semoga siswa SMP 5 Jepara bisa berhasil USBN dan UNBK dengan nilai yan...
  • AGUS WINARTO, S.Pd. (Guru)
    2018-04-04 11:27:35

    Rencaba Istiqosah kelas 3 untuk menghadapi UASBN dan UNBK yang akan dilaksanakan hari Kamis 5 April 2018 , mohon anak anak hadir bersama oran...
  • AGUS WINARTO, S.Pd. (Guru)
    2018-04-04 11:24:50

    Untuk kelas X siapkan dirimu untuk menghadapi UASBN mulai tanggal 9 April s/d 17 April 2018. dan untuk kelas VII dan VIII tetap belajar di rumah
  • AGUS WINARTO, S.Pd. (Guru)
    2018-03-31 18:48:03

    Ayo gabung dengan komunitas siswa smpn 5 jepara

  • Kurikulum : suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses berlajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggunga jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya.
  • Kurikulum : adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi di bawah pengawasan sekolah, jadi selain kegiatan kulikuler yang formal juga kegiatan yang tak formal.
  • Kurikulum : niat dan harapan yang dituangkan dalam bentuk rencana atau program pendidikan untuk dilaksanakan oleh guru di sekolah.
  • urikulum adalah niat dan rencana, proses belajar mengajar adalah pelaksanaanya. Dalam proses tersebut ada dua subjek yang terlibat yakni guru dan siswa. Siswa adalah subjek yang dibina dan guru adalah dubjek yang membina.
  •  Curriculum dalam bahasa Yunani kuno berasal dari kata Curir yang artinya pelari; dan Curere yang artinya tempat berpacu. Curriculum di artikan jarak yang harus di tempuh oleh pelari. Dari makna yang terkandung berdasarkan rumusan masalah tersebut kurikulum dalam pendidikan di artikan sebagai sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh atau disekesaikan anak didik untuk memperoleh ijasah.
  • Kurikulum adalah program belajar bagi siswa yang disusun secara sistematis dan logis, di berikan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan. Sebagai program belajar, kurikulum adalah niat, rencana atau harapan.
  • Kurikulum adalah hasil belajar yang diniati atau intended learning out comes.
  • Kurikulum adalah program dan pengalaman belajar serta hasil-hasil belajar yang di harapkan yang diformulasikan melalui pengetahuan dan kegiatan yang tersusun secara sistematis, di berikan kepasa siswa di bawah tanggung jawab sekolah untuk membantu pertumbuhan atau perkembangan pribadi dan kompetensi social anak didik.
  • Kurikulum adalah rencana atau program belajar dan pengajaran adalah pelaksanaan atau operasionalisasi dari rencana atau program.
  • Kurukulum adalah alat atau saran untuk mencapai tujuan pendidikan melalui proses pengajaran.
  • Kurikulum adalah sesuatu yang diinginkan atau dicita-citakan untuk anak didik. Artinya, hasil belajar yang diinginkan yang diniati agar dimiliki anak.

 

Manajemen Kurikulum

Assalamualaikum …WrWb.

Manajemen kurikulum adalah segenap proses usaha bersama untuk memperlancar pencapaian tujuan pembelajaran dengan dititik beratkan pada usaha, meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar.

Kurikulum dalam arti sempit sekali adalah jadwal pelajaran; … Semua pelajaran baik teori maupun praktik yang diberikan kepada murid-murid selama mengikuti suatu proses pendidikan tertentu kurikulum dalam arti ini terbatas pada pemberian bekal pengetahuan dan keterampilan pada murid; …

Kurikulum dalam arti luas semua pengalaman yang diberikan kepada anak didik selama mengikuti pendidikan; … Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan dimasing-masing satuan pendidikan.

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan kelompok mata pelajaran, yang mencakup standar kompotensi dasar materi pokok pembelajaran. Silabus merupakan penjabaran standar kompotensi dan dasar kedalam materi pokok/pembelajaran, dan indikator pencapaian kompotensi untuk penilaian.

Prinsip-prinsip dan Pengembangan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan :

Pengembangan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas standar isi, kompotesi lulusan, tenaga pendidik, sarana dan prasarana, pengelolaan pembiayaan penilaian pendidikan.

Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu :

  1. Standar isi (SI)
  2. standar kompotesi lulusan (SKL)

Merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum.

KTSP dikembangkan sesuai dengan relavansinya oleh setiap kelompok/satuan pendidikan dibawah koordinasi dari supervisi dinas pendidikan/kantor Departemen Agama. Kabupaten/kota untuk pendidikan dasar diprovinsi untuk pendidikan menengah.

Pengembangan KTSP mengacu pada SI dan SKI dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta memperhatikan penimbangan komite sekolah/madrasah.

Penyusunan KTSP untuk pendidikan khusus oleh dinas pendidikan provinsi dan berpedoman pada SI dan SKI serta panduan dan penyususunan kurikulum yang disusun oleh BSNP.

KTSP berkembang berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut :

  1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
  2. Beragam dan terpadu
  3. Tanggap terhadap perkembangan Iptek dan seni
  4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
  5. menyeluruh dan berkesinambungan
  6. Belajar sepanjang hayat
  7. Seimbang antara kepentingan Nasional dan kepentingan daerah.
  8. Acuan Profesional penyusunan KTSP

KTSP disusun dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Peningkatan iman dan taqwa serta akhlak manusia
  2. peningkatan potesi kecerdasan dan minat sesuai dengan tingkat pengembangan dan kemampuan peserta didik.
  3. keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
  4. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional
  5. Tuntutan dunia kerja
  6. Perkembangan IPTEK dan seni
  7. Agama
  8. Dinamika pendidikan global
  9. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan
  10. Kondisi sosial masyarakt setempat
  11. Kesetaraan Jender
  12. Karakteristik suatu pendidikan
  13. Komponen kurukulum Tingkat Satuan pendidikan
  14. Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan

Dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan, sebagai berikut :

  1. Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
  2. Tujuan pendidikan menegah adalah meningkatkan kecerdasan
  3. Tujuan pendidikan menengah kejuruan juga sama dengan tujuan pendidikan dasar.
  4. Struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan

Struktur dan urutan KTSP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang tertuang dalam SI meliputi 5 pokok mata pelajaran sebagai berikut :

  1. a) Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak mulia
  2. b) Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
  3. c) Kelompok mata pelajaran Iptek dan estetika
  4. d) Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
  5. e) Kelompok mata pelajaran

Kelompok mata pelajaran tersebut dilaksankan melalui muatan dari /kegiatan pembelajaran sebagaiman diuraikan dalam PP 19/2005 pasal 7.

Muatan KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan bebn belajar bagi peserta didik pada (SP). Diasamping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk kedalam isi kurikulum.

  1. Mata pelajaran
  2. Muatan lokal
  3. Kegiatan pengembangan diri
  4. Pengaturan beban belajar
  5. Ketuntasan belajar
  6. Kenaikan kelas dan kelulusan
  7. Penjurusan
  8. Pendidikan kecakapan hidup
  9. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global
  10. Kalender pendidikan

Satuan pendidikan dasar dan menengah dapat menyusun pendidikan kalender pendidikan sesuai dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat dengan memperhatikan kalender pendidikan sebagaimana yang dimuat dalam standar is