• gambar
  • gambar
  • gr1
  • gr
  • sm

Selamat Datang di Website SMP NEGERI 5 JEPARA. Terima Kasih Kunjungannya. WEB: http://www.smpnegeri5jepara.sch.id email : info@smpnegeri5jepara.sch.id

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMP NEGERI 5 JEPARA

NPSN : 20103.2006.063

Jl.Kartini No.42 Telp. 0291-591392 Jepara 59411


info@smpnegeri5jepara.sch.id

TLP : (0291) 591392


          

Banner

Agenda

10 December 2019
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

Statistik


Total Hits : 39688
Pengunjung : 17004
Hari ini : 18
Hits hari ini : 145
Member Online : 0
IP : 3.214.184.124
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Selayang Pandang Kepala Sekolah

Selamat Datang Di Website Resmi SMP NEGERI 5 Jepara

Bismillahirohmannirrohim.

 Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh,

 

Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website sekolah ini dengan alamat www.smpnegeri5jepara.sch.id dapat kami perbaharui. Kami mengucapkan selamat datang di Website kami Sekolah Menengah SMP NEGERI 5 Jepara  Jawa Tengah yang saya tujukan untuk seluruh unsur pimpinan, guru, karyawan dan siswa serta khalayak umum guna dapat mengakses seluruh informasi tentang segala profil, aktifitas/kegiatan serta fasilitas sekolah kami.

 Kami selaku pimpinan sekolah mengucapkan terima kasih kepada tim pembuat Website ini yang telah berusaha untuk dapat lebih memperkenalkan segala perihal yang dimiliki oleh sekolah. Dan tentunya Website sekolah kami masih terdapat banyak kekurangan, oleh karena itu kepada seluruh civitas akademika dan masyarakat umum dapat memberikan saran dan kritik yang membangun demi kemajuan Website ini lebih lanjut.

 Saya berharap Website ini dapat dijadikan wahana interaksi yang positif baik antar civitas akademika maupun masyarakat pada umumnya sehingga dapat menjalin silaturahmi yang erat disegala unsur. Mari kita bekerja dan berkarya dengan mengharap ridho sang Kuasa dan keikhlasan yang tulus dijiwa demi anak bangsa.

Sebagaimana yang sudah disampaikan dalam kata sambutan di depan, bahwa usia 42 tahun adalah saat kematangan manusia. Usia 42 tahun bagi sebuah lembaga adalah usia dewasa, usia matang untuk menghadapi masa depan yang penuh persaingan. Demikian halnya SMPN 5 Jeparai, sekolah menengah yang sedang semangat untuk mewujudkan harapan,cita. Mengapa tidak? Tersirat dalam kesan dan pesan yang disampaikan Kepala Sekolah SMPN 5 Jepara, “Belajar, bekerja, dan segala aktivitas diniatkan untuk ibadah”. Berpikir kreatif, Inovatif, cerdas, ubah tantangan menjadi peluang.” Faktualitas kesan dan pesan memasuki usia 42 tahun ini SMPN 5 Jepara telah menerima Surat Keputusan (SK) dari Dirjend Dikdasmen Depdikbud tentang, Penetapan SMP Standar Nasional (SSN). Hal ini dinyatakan dalam Surat Keputusan Nomor : 818a/C.3/Kep/2007. Tentang Penetapan SMP Standart Nasional. Sekolah Standar Nasional (SSN) pada dasarnya merupakan sekolah yang telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP), yang berarti memenuhi tuntutan Standar Pelayanan Minimal (SPM) sehingga diharapkan mampu memberikan layanan pendidikan yang standar dan menghasilkan lulusan dengan kompetens sesuai dengan standar nasional yang ditetapkan. Dengan kata lain SSN telah mampu memberikan layanan pendidikan kepada anak didik, sesuai dengan standar minimal yang telah ditetapkan. Oleh karena itu SSN pada dasarnya dapat berfungsi sebagai sekolah model, artinya dapat dijadikan model bagaimana menyelenggarakan sekolah sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan secara nasional (Depdiknas, 2004 : 3). Dalam pengertian tersebut bisa saja dalam satu kabupaten/kota terdapat lebih dari satu SMP yang memenuhi kriteria sebagai SSN. Sebaliknya mungkin ada kabupaten/kota yang tidak memiliki sekolah yang memenuhi kriteria sebagai SSN. SMPN 5 Jepara telah melalui tahapan seleksi akhirnya terpilih sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN). Seperti yang disebutkan dalam Pedoman Pengembangan Sekolah Standar Nasional (SSN). Kriteria pemilihan sekolah calon SSN terdiri dari dua, yaitu kriteria umum dan kriteria khusus. Sekolah (SMP) negeri maupun swasta dapat diusulkan untuk menjadi calon SSN asal memenuhi empat kriteria umum, yaitu :

1) Memiliki rata-rata NEM tahun 2006 dan Nilai UAN tahun 2007 minimal 6,5.

2) Termasuk sekolah yang tergolong kategori baik di kabupaten/kota yang bersangkutan, yaitu memiliki tenaga guru dan sarana pendidikan yang cukup, serta memiliki prestasi yang baik

3) Sekolah memiliki potensi kuat untuk berkembang.

4) Bukan sekolah yang didukung oleh yayasan yang memiliki pendanaan yang kuat, baik dari dalam maupun luart negeri. Kriteria khusus Sekolah Standar Nasional (SSN) merupakan aspek-aspek yang terkait dengan proses perkembangan sekolah, mencakup 20 butir yaitu :

      1) Sekolah memiliki kebijakan, tujuan dan sasaran mutu yang jelas. 

      2) Sekolah memiliki sumberdaya manusia yang kompeten dan berdedikasi tinggi.

      3) Sekolah memiliki fasilitas (sarana prasarana) yang memadai.

      4) Sekolah memiliki kepedulian pada kualitas pembelajaran.

      5) Sekolah menerapkan evaluasi secara berkelanjutan.

      6) Kegiatan ekstra kurikuler (olah raga, kesenian, LKIR dll) menunjukkan peningkatan.

      7) Manajemen di sekolah termasuk manajemen yang bagus.

      8) Sekolah memiliki kepemimpinan yang handal

      9) Sekolah memiliki program-program yang inovatif

     10) Program sekolah jelas dan sesuai dengan kondisi obyektif sekolah

     11) Program sekolah dibuat dengan melibatkan seluruh warga sekolah. 

     12) Administrasi keuangan sekolah transparan.

     13) Kerjasama dan hubungan antar warga sekolah berjalan harmonis.

     14) Kerjasama sekolah dengan masyarakat sekitar berjalan dengan baik

     15) Ruang kelas, lab, kantor, dan kamar mandi/WC dan taman sekolah bersih dan terawat.

     16) Lingkungan sekolah bersih, tertib, rindang dan aman.

     17) Guru dan tenaga kependidikan di sekolah tampak antusias dalam mengajar dan bekerja.

     18) Hasil UAN siswa menunjukkan kecenderungan meningkat.

     19) Sekolah menerapkan reward system secara baik.

     20) Sekolah memiliki program peningkatan kinerja professional guru dan tenaga kependidikan lainnya.

      Dua puluh butir kriteria di atas diterapkan kepada SMP calon SSN yang lolos seleksi tahap I, yaitu SMP yang lolos kriteria umum. Penilaian dengan kriteria khusus itu dilakukan dengan mengunjungi sekolah. Selanjutnya sekolah yang dikunjungi tersebut diwajibkan menyusun profil sekolah serta Rencana dan Program Pengembangan Sekolah (RPPS) sebagai persyaratan untuk penilaian berikutnya. Sehingga sejak tahun 2008 SMPN 5 Jeparaditetapkan sebagai SSN

 Waalaikum salam Warahmatullah Wabarakatuh.

 Terima kasih semoga Allah ‘Azza Wa Jalla menyertai doa kita semua……aamiin